Apa Itu Minoxidil?

Yusuf Iman  
Sep 17, 2019 · 5 minutes read

Minoxidil obat terbaik dan ampuh menumbuhkan brewok dan rambut.

Paket 2 Minox Rogaine Foam n Biotin.png
Paket 2 Minox Rogaine Foam n Biotin.png

Minoxidil adalah produk pertumbuhan rambut yang ditemukan oleh seorang dokter yang berusaha mengobati hipertensi pasiennya. Pada tahun 1971, seorang dokter kulit memperhatikan bahwa pasiennya mulai mengalami pertumbuhan rambut yang lebih baik setelah ahli jantungnya memperkenalkan Minoxidil sebagai upaya terakhir untuk menurunkan tekanan darahnya.

Beberapa tahun kemudian, sebelum tahun delapan puluhan, Minoxidil mendapat izin dari institusi medis untuk digunakan sebagai produk untuk menumbuhkan rambut.

Sejak itu, perusahaan farmasi telah mengambil manfaat besar dari kemampuan MInoxidil yang dapat menumbuhkan dan memperbaiki pertumbuhan rambut lalu mengolahnya pada krim dan cairan. Tidak seperti banyak obat-obatan lain, Minoxidil dapat membelinya tanpa memerlukan resep dokter.

Apa itu Minoxidil?

Secara resmi, Minoxidil adalah obat untuk hipertensi atau untuk menurunkan tekanan darah penderita hipertensi. Namun, sekarang ini Minoxidil diterapkan sebagai perawatan rambut rontok hingga penumbuh facial hair / bulu di wajah.

Tujuan awal Minoxidil adalah untuk memperlebar pembuluh darah kecil, yang kemudian akan mengurangi tekanan darah dengan memastikan jantung tidak memiliki pembuluh darah yang sempit untuk didorong. Pada saat yang sama, ia juga mampu melebarkan folikel rambut. Ini adalah efek / hasil dari Minoxidil bagi diri kita:

  • Jika folikel rambut menyusut, mereka tumbuh lebih besar.
  • Aliran darah ke folikel rambut meningkat.
  • Ini meningkatkan tingkat di mana folikel rambut bergerak di antara fase pertumbuhan, mendorong rambut untuk tumbuh lebih cepat.
  • Setiap fase pertumbuhan folikel juga bertahan lebih lama, membuatnya lebih efisien.

Para ilmuwan tidak tahu dengan pasti bagaimana Minoxidil melakukan semua ini. Namun, untuk menghindari efek samping sistemik yang datang dengan mengkonsumsi obat ini secara oral, mereka menemukan solusi topikal. yaitu menjadikan produk ini hanya berfokus pada folikel rambut anda dengan bentuk cairan dan foam, tidak membuatnya menjadi pil atau tablet yang dapat melebarkan pembuluh darah di mana-mana.

Jenis rambut rontok apa yang dirawat?

Minoxidil hanya cocok untuk kerontokan rambut herediter. Jika Anda menderita suatu kondisi seperti psoriasis atau alopecia areata, Anda harus meminta nasihat dari ahli medis sebelum menggunakannya pada kulit kepala Anda. Hal itu diperlukan, karena bahan-bahan dalam larutan dapat berinteraksi dengan obat lain yang Anda gunakan. Juga, jika Anda memiliki luka terbuka, itu akan memperburuk mereka.

Untuk memahami bagaimana Minoxidil memperlakukan rambut rontok herediter / pola pria, penting untuk memahami biologi di balik kondisi ini.

DHT dan pria botak

Yang perlu kita fahami terlebih dahulu bahwa ini adalah kondisi genetika. Tidak hanya berlaku kepada pria, dan faktor yang paling berpengaruh meningkatkan kerontokan rambut adalah tubuh memproduksi jenis testosteron tertentu.

Pada kasu pria botak, tubuhnya lebih cepat merespon testosteron yang berubah menjadi dihydrotestosterone atau DHT. DHT adalah testosterone kuat, dia memiliki fungsi lebih spesifik dibandingkan hormon asli.

DHT menggerakan tubuh kita untuk lebih fokus menumbuhkan bulu di dada, tangan, punggung, dan wajah. Prosesnya, DHT membutuhkan “reseptor / penerima” di area-area tersebut (Dada, wajah, tangan, dan punggung). Sejauh ini ilmuwan belum pasti kenapa terjadi begini.

Ketika DHT menempel pada folikel rambut dikepala, DHT membuat folikel tersebut mengecil. Efek samping yang terjadi adalah sebagai berikut.

  • Folikel rambut anda menghabiskan lebih banyak waktu di fase pertumbuhan Telogen, yang akhirnya membuat folikel tetap “tidur” atau tidak aktif.
  • Folikel juga menghabiskan sedikit waktu di fase Katagen.
  • Dan juga menghabiskan lebih sedikit waktu di fase Anagen, disinilah fase dimana rambut tumbuh.

Bagaimana Minoxidil dapat memberi manfaat kepada mereka yang berkepala botak?

Seperti yang telah saya singgung sebelumnya, Minoxidil memungkinkan folikel rambut untuk bergerak ke fase pertumbuhan seperti yang terjadi kepada mereka yang tidak memiliki masalah kebotakan. Perbedaannya adalah, mereka yang menggunakan Minoxidil lebih cepat melewati fase Telogen. Sebagai hasilnya, folikel rambut mereka lebih aktif, maka rambut akan tumbuh lebih panjang dan lebat.

Telah dilakukan banyak studi untuk mendukung ide bahwa Minoxidil menumbuhkan rambut. Salah satu studi yang dilakukan kepada para wanita yang menderita androgenic alopecia, mereka dibagi menjadi kedalam dua grup, satu grup diberi Minoxidil dan grup yang lainnya diberi Placibo.

Hasilnya, wanita di kedua grup mendapati pertumbuhan pada rambut mereka, namun grup Minoxidil mendapatkan pertumbuhan rambut dua kali lebih cepat. Sebagai tambahan, untuk mendukung ide bahwa Minoxidil bisa mengatasi masalah kebotakan, ia juga mampu menghilangkan stres karena masalah rambut rontok yang merupakan kondisi positif bagi psikologi seseorang.

Studi lain dilakukan kepada pria botak, menggunakan metode yang sama yakni membagi partisipan kedalam grup yang menggunakan Minoxidil, lalu menggunakan Placibo dan mereka yang tidak menggunakan perawatan apapun. Ketiganya mengalami progress, namun mereka yang menggunakan Minoxidil mendapatkan peningkatkan sebesar 30% lebih cepat dan lebat pada pertumbuhan rambutnya. Koordinator studi itu kemudian menghubungi grup pengguna Minox enam bulan kemudian setelah mereka berhenti menggunakannya dan mereka mengatakan bahwa pertumbuhan rambut mereka berhenti. Ini artinya, Minoxidil sangatlah efektif dan perlu digunakan secara konsisten untuk menikmati benefitnya.

Minoxidil untuk brewok / facial hair

Namun jikalau digunakan untuk menumbuhkan bulu di wajah atau facial hair, maka pengguna tidak harus memakainya seumur hidup, cukup sampai pada fase terminal, jikalau sudah mencapai fase ini maka tidak perlu lagi menggunakannya.

Pencapaian fase terminal pada tiap orang berbeda-beda, ada yang cepat sekitar 4 hingga 5 bulan atau sedang 7 hingga 8 bulan atau ada yang lama hingga 1 sampai 2 tahun.

Sekali lagi saya ingatkan jikalau pemakaian Minoxidil untuk menumbuhkan bulu-bulu di wajah seperti kumis, jenggot, jambang dan di pipi / brewok maka hanya cukup sampai fase Terminal, tepatnya Terminal Akhir maka pengguna bisa berhenti memakainya.

Beli Minoxidil

Jika rekan memiliki masalah kebotakan atau juga hanya ingin menumbuhkan bulu-bulu di wajah seperti kumis, jenggot, jambang dan brewok maka jawabnya adalah gunakan Minoxidil.

Kami persilahkan anda untuk mengunjungi toko online kami yang menjual Minoxidil berbagai tipe dengan harga murah namun original dari U.S.A. Silahkan kunjungi toko Minoxidil kami.

Tinggalkan komentar